Selasa, 04 Oktober 2016

Numeric Problem

NUMERIC PROBLEM




    Numeric Problem adalah suatu permasalahan yang sering dijumpai diberbagai bidang baik matematika, kimia, fisika maupun yang lainnya. Sekarang blog ini akan menyampaikan bagaimana cara memecahkan permasalahan tersebut. Ada tiga langkah untuk menyelesaikan permasalahan tersebut yaitu analisis, hitung dan evaluasi


Analisis


    Pertama kamu harus terlebih dahulu menentukan di mana kamu akan mulai dari mana dan di mana kamu akan mengakhirinya di mana. Kamu harus mengetahui apa yang sudah ada dalam permasalahan tersebut dan apa yang tidak ada dalam hal tersebut. Jika kamu mengharapkan jawaban untuk menjadi nomor, kamu perlu menentukan unit apa yang harus kamu punya sebelum melakukan perhitungan.

    Setelah kamu mengidentifikasi apa yang hal yang diketahui dan tidak ketahui. kamu perlu membuat rencana untuk mendapatkan dari yang diketahui ke tidak diketahui. Perencanaan adalah hal terpenting dalam memecahkan suatu permasalahan. 

Sebagai bagian dari rencana kamu mungkin perlu membuat hal – hal berikut :

  • Menggambarkan diagram untuk membantu kamu memvisualisasikan hubungan antara yang  diketahui dan tidak diketahui.
  • Membuat tabel atau grafik untuk mengidentifikasi data.
  • membuat persamaan yang dapat kamu gunakan untuk menghitung angka yang tidak diketahui .




Perhitungan

    Jika kamu membuat rencana yang efektif, melakukan perhitungan biasanya bagian termudah dari proses. untuk beberapa masalah, kamu harus mengkonversikan pengukuran dari satu unut ke unit yang lain. Atau kamu perlu mengatur ulang persamaan sebelum memecahkan sesuatu yang tidak diketahui.

 

Evaluasi

    Setelah kamu menghitung dan mendapatkan jawabannya, kamu harus mengevaluasinya. Apakah jawabannya masuk akal ? Apakah dapat dimengerti ? Jika tidak baca ulang permasalahannya. Apakah kamu menyalin data dengan benar ? Apakah kamu memilih persamaan yang benar ? ini akan membantu kamu memperkirakan jawaban yang benar. Jika jawabannya jauh lebih besar atau jauh lebih kecil dari yang kamu perkirakan, periksa kembali perhitungan kamu.


Referensi : http://taladev.com/iText/products/0-13-190443-4/ch1/ch1_s4_2.html

Disusun oleh : Adi Yusuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar